Thai Tea Ichitan Masih Harus Terus Penetrasi Pasar

0
62

Jakarta, Makronesia.id – Produsen minuman asal Thailand Ichitan, kembali meluncurkan Thai tea siap minum dalam kemasan botol. Produk ini banyak ditemukan di supermarket biasa dengan harga sangat terjangkau. Rasanya cukup mirip dengan Thai tea aslinya.

Tan Passakornnatee atau yang biasa dikenal dengan nama Mr. Ichitan, pendiri dan CEO Ichitan Group PLC mengungkapkan, popularitas minuman Thailand dan teh hijau berkembang di Indonesia. Minuman Thailand dan teh hijau ini menjadi peluang bagi pihaknya.

Sejumlah merek sejenis sudah lebih dulu hadir. Produk yang menjadi kompetitor  antara lain ;

1. Ranong 3 in 1 Thai Tea Mix

Masih dari Thailand, Ranong 3 in 1 Thai Tea Mix juga jadi produk yang laris di pasaran. Hanya saja cara pemasaran yang dilakikan oleh produsennya sedikit lebih mahal dari Ichitan Thai Milk Green Tea. Produk ini menjadi kompetitor untuk produk Ichitan di sektor minuman kemasan green tea, perbedaannya minuman ini tidak menyertakan rasa susu yang mendominasi dalam penyajiannya. Di pasaran produsen ini cukup banyak ditemukan bahkan sektor UMKM Tradisional menyediakan minuman ini.

2.  Hilo Thai Tea

Salah satu produsen susu di Indonesia ini baru saja meluncurkan produk Thai tea bubuk dalam kemasan. Ada yang bilang kalau rasanya mirip seperti Thai tea mix di negara asalnya. Meski berbeda kemasan penyajian akan tetapi produk Hilo Thai Tea ini diakui mampu menggilas Ichitan Thai Milk Green Tea di pasaran, disamping harga yang sangat murah dan dapat dipastikan seyiap supermarket bahkan minimarket telah ada produk ini.

Meski pasar masih luas, Ichitan nampaknya harus terus berupaya melakukan penetrasi pasar lebih masif lagi. Ichitan sebagai produsen Thai Milk Green Tea menargetkan 3,8 juta botol dapat terjual tahun ini untuk pasar Indonesia.  Selain Thai Tea, Ichi Tan sudah memiliki tiga jenis minuman teh lain yang sudah masuk di pasar Indonesia sejak tahun 2015.

PT Ichi Tan Indonesia merupakan mitra usaha dari perusahaan asal Thailand, Ichitan, yang bermitra dengan Alfamart Group dan Mitsubishi Corporation Japan. Di tahun pertama, mereka berinvestasi Rp 400 miliar untuk dapat masuk ke pasar Indonesia, dengan startegi menggandeng Alfamart Group PT. Ichi Tan Indonesia sangat percaya diri mampu menggilas para kompetitor di kelasnya. Mengingat perusahaan produsen mitranya juga merupakan salah satu penguasa pasar di negara asalnya.

Ini langkah yang dapat menyentuh pasar yang dilakikan PT. Ichi Tqn Indonesia yakni, mereka memberikan banyak manfaat bagi penjual tradisional dengan aneka promosi, seperti memasang spanduk nama warung dengan banner Ichi Tan, lemari es dengan produk khusus Ichi Tan, dan lainnya. Meski pantauan dari sisi harga produsen minuman sejenis Thai Tea ini tidak melakukan persaingan melainkan menyeragamkan harga dengan situasi pasar dimana produk tersebut disebarkan. (MGS/AM)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

13 − 6 =