Indonesia Mulai Kembangkan Kerata Tenaga Baterai

0
50

MADIUN,  MAKRONESIA.id—Salah Satu Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dengan cabang produksi strategis, PT Industri Kereta Api (Persero) saat ini sedang mengembangkan trem bertenaga baterai sehingga diharapkan lebih ramah lingkungan dan nyaman.

“Trem bertenaga baterai ini laju keretanya lebih halus dibandingkan dengan kereta berlokomotif. Sehingga lebih nyaman,” ujar Direktur Utama PT Inka (Persero) Madiun Budi Noviantoro, Kamis (5/9/2019).

Budi mengatakan prototipe trem bertenaga baterai tersebut telah selesai digarap dan saat ini mencapai tahap uji coba kekuatan baterai.

“Akan dilakukan uji coba sebanyak 20 sampai 30 kali perjalanan pulang pergi (PP) untuk mengetahui kekuatan atau ketahanan baterai,” ujar Budi Noviantoro.

Menurut Budi, pembuatan trem bertenaga baterai tersebut dilakukan sejak setahun terakhir. Trem tersebut terdiri dari dua gerbong. Masing-masing gerbong dilengkapi tempat duduk bagi penumpang. Namun, juga disediakan pegangan tangan di bagian atas untuk penumpang yang berdiri.

Nantinya, trem bertenaga baterai ini akan menjadi angkutan umum favorit. Karena, selain ramah lingkungan dan nyaman, harga jualnya juga murah.

“Trem baterai tersebut cocok sebagai sarana transportasi perkotaan masa depan yang ramah lingkungan dan efisien,” kata Budi.

Saat ini kereta tersebut belum diproduksi secara massal. Namun, setelah seluruh tahapan uji coba selesai, baru akan diluncurkan dan dipasarkan, baik di dalam maupun luar negeri. (SP/BA)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

4 + 6 =