Di Demo Mahasiswa Paripurna DPR Sahkan UU Pesantren

0
14

JAKARTA, MAKRONESIA.ID- Walau di bawah tekanan aksi unjuk rasa Puluhan ribu mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di sekitar Jakarta, bahkan Bandung, DPR RI berhasil mengesahkan UU Pesantren.

Paripurna DPR RI yang dipimpin oleh Wakil Ketua DPR RI fahri Hamzah akhirnya mengesahkan RUU Pesantren menjadi UU. RUU usul inisiatif FPKB ini disetujui oleh seluruh fraksi DPR RI setelah dibahas di Komisi VIII DPR RI.

Sebelumnya Ketua Komisi VIII DPR H. Ali Taher Parasong membacakan hasil pembahasan, dan dihadiri oleh Menteri Agama RI H. Lukman Hakim Saifuddin. “Apakah semua yang hadir di paripurna DPR RI ini setuju RUU Pesantren ini disahkan?” tanya Fahri Hamzah. Hadirin pun menjawab,” Setuju”.

Lukman Hakim mengatakan bahwa RUU ini sebagai dasar hukum untuk memperbaiki kualitas pendidikan yang dibutuhkan pesantren. “RUU ini sekaligus merupakan pengakuan atas independensi terhadap penyelenggaraan pesantren dalam fungsi pendidikan, dakwah, dan pemberdayaan masyarakat,” ujarnya.

Menurut Lukman, substansi RUU Pesantren ini sebagai pengakuan untuk pemenuhan unsur pesantren sebagai ‘Arkanul ma’had dan ruhul ma’had’ sebagai salah satu syarat untuk menjaga kekhasan pesantren, kualitas dan kesetaraan lulusan, dan kesempatan kerja bagi santri.

Namun kata Lukman, tetap memberikan kebebeasan dan independensi bagi pelsakanaan tuagsnya untuk menjaga mutu pesantren sebagai wujud dalam berdemokrasi. “Jadi, dengan RUU ini negara hadir untuk pesantren yang memiliki jasa besar bagi bangsa ini,” pungkasnya.

Sementara itu Nihayatul Wafiroh (FPKB), Arsul Sani (FPPP), KH. Khoirul Muna (NasDem), dan lain-lain memberikan catatan bahwa RUU ini tak berhenti sampai penegsahan, melainkan harus diawasi dalam pelaksanaannya, agar benar-benar berlaku secara adil bagi seluruh pesantren.

“Bagi pesantren yang sudah berbadan hukum, dan memenuhi syarat administrasi, maka harus memeroleh hak yang sama, yaitu mendapat anggaran dari APBD I dan APBD II setelah tiga tahun dari pemerintah,” kata Arsul Sani.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

5 + 3 =