Danrem 174 Merauke Hadiri Pentabisan Imam Baru dan Diakon Keuskupan Agung Merauke

0
21

Jakarta, Makronesia.id – Komandan Korem 174 Merauke Brigjen TNI Bangun Nawoko menghadiri kegiatan Pentabisan Imam Baru dan Diakon Keuskupan Agung Merauke yang ditabiskan oleh Mgr. Petrus Canisius Mandagi, MSC (Uskupan Agung Merauke) dihadiri sekitar 500 orang umat Kristiani dengan tetap mematuhi protokol kesehatan Covid-19 bertempat di Gereja Katedral St. Fransiskus Xaverius, Jl. Raya Mandala, Distrik Merauke, Kabupaten Merauke Papua, Minggu (25/4/2021).

Dalam sambutannya uskup Agung Merauke Mgr. Petrus Canisius Mandagi,MSC mengucapkan terima kasih kepada para tamu undangan yang hadir, diantaranya, Bupati Merauke Drs. Romanus Mbaraka, M.T, Danrem 174/ATW Merauke Brigjen TNI Bangun Nawoko, Kabintal Kodam XVII/Cenderawasih Kolonel Arh Andre Wira Kurniawan mewakili Pangdam XVII/Cenderawasih , Wadir Reskrimum Polda Papua AKBP Agustinus Ary Purwanto, S.IK , Dandim 1707/Merauke Letkol Czi Muh.Rois Edy Susilo, M.T, Kapolres Merauke AKBP Ir. Untung Surianata, M.Hum , Wakil Ketua II DPRD Kabupaten Merauke Dominikus Ulukyanan serta pejabat lainnya.

“Kehadiran dari para tamu undangan tersebut membuktikan bahwa mereka sangat mencintai Umat Khatolik demi terciptanya kedamaian di tanah ini, sehingga apabila suatu saat kelak saya bertemu dengan Bapak Presiden RI saya akan menyampaikan bahwa Pejabat TNI-AD yang berada di Merauke sangat luar biasa dalam pengabdiannya di tanah ini, ” ungkapnya.

Saya berharap kepada semua umat untuk memberikan dukungan doa kepada para Imam dan Diakon yang telah ditahbiskan saat ini agar mereka mempunyai hati yang tulus dalam melayani Tuhan, kedepannya akan adanya calon-calon Imam dan Pastor dari Orang Asli Papua Selatan. Harap Uskup Agung Merauke.

Para Imam Baru dan Diakon yang telah ditabiskan oleh Uskup Agung Merauke sebanyak 6 orang terdiri dari Diakon Herlan P Ulukyanan,Diakon Yeremias Banusu, RD. Valentinus Generosus Nuga, RD Emanuel da Santo Meo Djogo, Diakon Fransiskus Xaverius Tola Bolilera dan Diakon Avelinus Moat Simon.

Rangkaian pentabisan Imam Baru dan Diakon tersebut diawali dengan doa, selanjutnya nyanyian pengantar, Pengambilan kesediaan pentabisan calon Imam dan Diakon, pengambilan janji setia dan pengakuan imam oleh calon Imam dan Diakon , mengikrarkan janji setia Imam dan Diakon, Pernyataan kesediaan menjadi Imam dan Diakon, Doa restu dari pihak keluarga, Penyerahan Kitab Injil kepada Iman dan Diakon, Upacara pemakaian baju Imam dan Diakon, Penyerahan persembahan anggur dan roti kepada Imam dan Diakon, Pemberian salam damai kepada Imam dan Diakon, pemberian persembahan umat, Nyanyian pujian umat, Doa syukur agung, Nyanyian penutup dan diakhiri dengan pembagian sakramen kudus kepada umat yang hadir.

Usai kegiatan pentabisan dilanjutkan dengan acara ramah tamah bertempat di Sekretariat Keuskupan Agung Merauke, Jl. Raya Mandala, Distrik Merauke, Kabupaten Merauke Papua.

Pada kegiatan tersebut Danrem 174 Merauke Brigjen TNI Bangun Nawoko memberikan tali asih berupa jaket kepada Uskup Agung Merauke Mgr. Petrus Canisius Mandagi, MSC.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

1 + 9 =