AICE Jawara Award Tahun Ini

0
499

Jakarta, Makronesi.id — Peruntungan produsen es krim dari tanah Singapura dengan merek AICE cukup unik, yaitu justru didapatkan di saat pandemi Covid-19 melanda. Virus corona ini bukan hanya menimbulkan kematian ribuan orang di Indonesia, namun juga memadamkan geliat ekonomi industri di tanah air. Termasuk pula, industri makanan ringan seperti es krim.

Aice Group sebagai holding pabrikan es krim di Bekasi, Mojokerto, dan Sumatera Utara ini diam-diam sudah mendapatkan penghargaan mentereng di industrinya. Hingga tengah tahun 2020 ini, produsen dari es krim “inovasi” Es Susu Telur ini sudah memiliki deretan penghargaan seperti Indonesia Digital Popular Brand Award 2020, Top Brand for Kids Awards 2020, Top CSR Brand Awards 2020, Superbrand 2020 serta Top Brand Award 2020. 

“Aice berterimakasih kepada masyarakat, Berbagai Award yang kami raih merupakan wujud kepercayaan dan dukungan pasar. Ini memacu semangat kami untuk selalu berinovasi dan terus memproduksi varian es krim yang lezat dan berkualitas bagi semua lapisan masyarakat Indonesia. ” ungkap Sylvana Zhong, Brand Manager AICE Group Holdings.

Rentetan berbagai penghargaan yang diraih pada tahun ini, diawali dengan “Top Brand for Kids 2020 di kategori Es Krim” dari Majalah Marketing dan Frontier Group. Penghargaan ini didapatkan dari survei Frontier yang menunjukkan adanya kenaikan peringkat es krim Aice di pasar dibanding tahun sebelumnya.

Penghargaan kedua kali bagi Aice ini membuktikan produk es krim Aice sudah mendapatkan kepercayaan dari kalangan anak maupun orangtuanya. Survey dari penghargaan Top Brand for Kids telah melibatkan 2.500 responden. 1.500 responden berasal dari kalangan ibu & anak. Sedangkan sisanya berasal dari kalangan remaja. Responden yang dijadikan target survei Top Brand for Kids & Teens adalah anak-anak baik laki-laki maupun perempuan berusia 8 – 12 tahun sebanyak 500 responden, kalangan wanita berusia 25 – 50 tahun yang memiliki anak di usia 0 – 12 tahun sebanyak 1.000 responden, dan remaja laki-laki & perempuan berusia 13 – 17 tahun sebanyak 1.000 responden.

Selain itu, proses wawancara juga dilakukan secara tatap muka dan menggunakan kuesioner terstruktur yang didesain khusus untuk dapat mengukur ketiga parameter Top Brand, yaitu Top of Mind, Last Usage, dan Future Intentions. Parameter itulah yang kemudian dijadikan parameter bagi penentuan Top Brand.

Selain itu, di bulan Juni lalu Aice kembali mendapat penghargaan. Kali ini Award diberikan oleh  Tras N Co Indonesia dan InfoBrand ID dalam perhelatan pertama Indonesia Top Corporate Social Responsibility of the Year. Penilaian Top CSR Award ini berdasarkan survei CSR yang diadakan pada bulan Maret sampai Mei 2020 terhadap lebih dari 500 perusahaan tersurvei lewat tiga parameter penilaian, yaitu CSR Concept, CSR Impact dan CSR Donation Value.

Award tersebut diberikan kepada 100 perusahaan Indonesia yang terbaik, dan memiliki komitmen dan kepedulian dengan menggelar kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR) untuk membantu pemerintah dan masyarakat kala pandemi Covid-19 melanda. Aice Group mendapatkan perhargaan atas misi kemanusiaan yang dijalankannya bersama Gerakan Pemuda Ansor (GP Ansor).

“April lalu, kami mulai menjalankan misi kemanusiaan di sejumlah rumah sakit rujukan Covid-19 dan instalasi peristirahatan para tenaga medis. Saat itu banyak sekali tenaga medis yang kekurangan perlindungan akibat belum cukup tersedianya APD. Aice bersama GP Ansor mendonasikan bantuan berupa ribuan perlengkapan seperti Alat Pelindung Diri, seperti baju hazmat, kacamata pelindung, masker medis, dan alat pengukur suhu atau thermogun. Dan untuk memberikan keceriaan bagi tenaga medis yang saat itu sedang berjuang, Aice juga memberikan lebih dari setengah juta es krim ke berbagai RS Covid-19,” ujar Sylvana.

Menurut Sylvana, aspek psikologi para tenaga medis dan relawan juga penting diperhatikan dalam upaya memerangi Covid-19 melalui tidak hanya pendekatan penyembuhan pada aspek medis, tetapi juga pada aspek psikologis para tenaga medis dan suasana di berbagai rumah sakit rujukan Covid-19, termasuk juga instalasi tempat tenaga medis beristirahat.

Masih di periode yang sama, Aice juga berhasil meraih penghargaan Indonesia Digital Popular Brand Award 2020 yang diselenggarakan oleh media INFOBRAND.ID bekerjasama dengan TRAS N CO Indonesia dan IMFocus Digimarketing Consultant. Aice dinilai telah berhasil menjalankan aktivitas digitalnya dengan tiga kategori penilaian yakni Search Engine Based, Social Media Based dan Website Based.

Penghargaan bergengsi ini diberikan kepada perusahaan yang dinilai telah sukses membangun popularitas serta meningkatkan aktivitas brandnya melalui media digital. Untuk memastikan penilaian atas para pemenang, panitia melakukan Survei Indonesia Digital Popular Brand Index 2020 pada periode November 2019 hingga Januari 2020 lalu. Survey dilakukan atas 154 kategori produk dan lebih dari 1.131 brand tersurvei di Indonesia, melalui tiga parameter penilaian yakni Search Engine Based, Social Media Based, dan Website Based.

Selanjutnya, Aice masuk dalam kandidat terbaik peraih SUPERBRANDS 2020 dalam Kategori es krim. Pengumuman resmi dari penghargaan sendiri baru akan selesai dan dirilis pada akhir tahun ini. Survei Superbrand ini ingin mengidentifikasi the strongest and most valuable brand dari setiap kategori yang ada di Indonesia. Survey dilakukan oleh berbagai mitra Superbrands Indonesia seperti Lembaga Survey Internasional Nielsen. Survey sendiri dilaksanakan di enam kota besar, yakni Jakarta (Jabodetabek), Bandung, Surabaya, Medan, Semarang dan Makasar.

Serta yang baru-baru ini, Aice juga mendapatkan Top Brand Award 2020 yakni penghargaan merek paling berpengaruh di Indonesia. Merek peraih Top Brand adalah merek yang paling dikenal oleh konsumen di Indonesia, banyak dibeli oleh konsumen, dan mampu menciptakan loyalitas konsumen. Top Brand merupakan hasil survei yang dilakukan oleh lembaga riset independen Frontier Consulting Group, dengan melibatkan 14.000 responden di 15 kota, memakai metodologi pengumpulan data lewat wawancara langsung (face to face interview) dengan menggunakan kuesioner yang dikembangkan khusus untuk survei Top Brand Index.

Aice sendiri meyakini bahwa ruang inovasi produk yang berkualitas dan disukai pasar Indonesia tidak akan berhenti. Perusahaan memandang kondisi saat ini bukan sebagai hambatan bagi pertumbuhan bisnisnya. Konsistensi riset produk, mutu bahan premium, rasa yang lezat serta harga yang terjangkau semua kalangan akan selalu menjadi fokus utama Aice dalam waktu yang panjang.

“Tahun ini merupakan tahun penuh tantangan bagi semua orang. Begitu banyak korban berjatuhan di sekitar kita. Belum jelasnya kapan bencana ini akan selesai, membuat kita harus selalu bergerak bersama melawan virus ini. Kami yakin bahwa inovasi produk yang baik jika dikombinasikan dengan strategi pemasaran yang memberikan kebaikan dan menyebarkan senyuman bagi masyarakat, pasti akan diganjar dengan hasil yang baik. Semoga Aice bisa selalu menyumbang kekuatan dalam usaha bersama melawan pandemi ini,” tutup Sylvana. (AM/BA)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

83 + = 93